Selamat Datang di blog pertama saya. . . Jangan Lupa Tulis Komentar. . . atau kirim email: theo3172@yahoo.com

Minggu, 17 April 2011

Cara Tidak Gagal Install Software di Windows

Permasalahan gagal install software di Windows Xp atau Windows 7. Software gagal di install ke komputer penyebabnya banyak. Seperti isu compabilitas di Win 7, file software yang korup/rusak, dukungan fitur Windows, permasalahan hardware dan masih banyak yang lain. Berikut cara agar tidak gagal install software di Windows XP dan Windows Seven.

Install program ke komputer memang boleh dikatakan gampang-gampang susah. Gampangnya tinggal ikuti petunjuk installasi sebuah software, akhirnya program sudah terpasang di komputer. Susahnya ketika ketemu program yang tidak “bersahabat” saat di install. Malah berulang kali menyebabkan Windows error setelah proses install selesai. Error yang tergolong ringan ternyata software tidak bisa dijalankan, atau komputer menjadi agak lambat, atau Windows menjadi sangat lambat berjalan :) . Error yang tergolong berat, Windows menjadi hang, berhenti bergerak, ga mau diapa-apain. Atau ketika di restart malah jadi tidak bisa booting lagi untuk masuk ke Windows. Akibatnya harus install Windows yang gagal booting.
Penyebab install software gagal



Beberapa hal yang sering saya ketemukan dari kegagalan install software diantaranya :
Software corrupt


Penyebabnya antara lain: file rusak. Kerusakan bisa menyeluruh atau sebagian dari file program tersebut. Misalnya program yang cuma satu file, biasanya program yang kecil-kecil (di bawah 100MB), walaupun ada beberapa software yang diatas 100MB file tetap satu application (.exe). Umumnya kerusakan karena ada kesalahan dalam copy-paste. Jika file hasil download dari internet, rusak karena proses mengunduh yang tidak sempurna. Beberapa penyebab ini yang sering terjadi pada jenis software yang cuma satu file application.

Software yang file berjumlah banyak, seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop, PowerDVD dan lain-lain. Penyebabnya karena ada satu file saja yang terhapus, maka akan menyebabkan kegagalan dalam installasi. Kalaupun berhasil terpasang ke komputer, tetapi tidak bisa berjalan dengan sempurna.
Driver Windows

Maaf, saya tidak ngerti istilahnya, yang dimaksud .NetFramework untuk Windows. Ada beberapa software untuk di install mensyaratkan minimal .NetFramework 3.5 atau .NetFramework 4.
DirectX ada yang mensyaratkan minimal DirectX 9 atau yang lebih baru. Biasanya untuk game.
Tips install software di Windows 7

Kegagalan karena harus Admistrtor, klik kanan Run as administrator, untuk XP klik kanan Run as…. Jika Install program di Windows Seven gagal, muncul pesan compatibilitas, maka saya biasa menginstall lewat troubleshot compatibility. Ternyata tetap banyak yang berhasil. Ini saya alami terhadap beberapa software yang versi lama ( Win XP), tetapi akhirnya bisa terinstall. Langkah-langkah install di Windows 7 jika karena kompabilitas :

1. Klik kanan pada program yang akan di install, pilih Troubleshoot compatibility
2. Selanjutnya pilih Troubleshoot program (pilihan yang bawah)
3. Centang I don’t see my problem listed, kemudian Next
4. Pada tampilan berikutnya pilih I don’t know, selanjutnya Next
5. Tandai I don’t see my problem listed, kemudian Next (kalimatnya memang sama yang di atas)
6. Terakhir klik Start program…
7. Maka proses selanjutnya install software seperti biasanya.

Langkah nomor 2 sampai dengan 5 tidak harus persis seperti pilihan di atas. Bisa mencoba pilihan yang lain. Saya lebih suka cara di atas, dan selama ini yang digunakan jika install program yang belum kompatibel di Windows 7.

Apakah proses di atas selalu berhasil? Jawabannya TIDAK. Misalnya program freehidefolder versi 2.2 dengan bermacam cara install di Windows 7 selalu gagal, dan pasti membuat error (komputer langsung restart), tapi untungnya windows masih bisa berjalan lagi setelah memperbaiki sendiri. Dari perusahaan pengembang tidak membuat versi di atasnya (sebenarnya membuat, tapi beda nama terus berbayar :lol: ) Padahal saya kan termasuk pecinta yang serba free, kecuali kalau tidak ada dan memang butuh ya memakai yang full version tapi tetap free :roll:

Menggunakan software versi yang paling baru tentunya menjadi solusi terbaik yang sudah kompatibel dengan Win 7, sehingga install software tidak gagal. Maka untuk download software dari internet, sebaiknya menggunakan software download manager agar proses mengunduh bisa sukses. Anda bekerja dengan Excel, silahkan baca artikel cara menggunakan rumus IF di sheet dan macro Excel. Bagi orang tua, berhati-hatilah karena terkadang kita sudah mendidik anak tanpa sadar melakukan hal-hal yang berbahaya. Cekap sematen, matur nuwun.

taken from: http://fahrurrozi.com

catatan penulis:
saya mencoba beberapa software tidak bisa seperti SPSS 17 (gagal) , proteus 7.7 (gagal), office pro 2010 (gagal) semua dikarenakan registry ditolak ..... penyelesaian masih dalam proses pemikiran.... by theo

Tidak ada komentar: