Selamat Datang di blog pertama saya. . . Jangan Lupa Tulis Komentar. . . atau kirim email: theo3172@yahoo.com

Kamis, 07 April 2011

Install Ubuntu via USB

Pertama, secara naluri, yang saya lakukan adalah dengan memasang CD-ROM biasa saya memakai kabel paralel-ke-USB dan memberinya power sebagai alternatif CD-ROM external. Hal ini gagal karena rangkaian itu tidak terdeteksi sebagai sebuah CD-ROM.

Kemudian, saya periksa BIOSnya. Heran saya.. BIOSnya tidak dapat menyimpan perubahan yang telah dilakukan. Urutan booting-pun tidak bisa diubah. Sehingga, hal ini membawa saya pada kesimpulan bahwa boot awal harus dilakukan di Hardisk.

Lalu, sayapun berusaha menginstall ubuntu lewat hardisk, tanpa CD-ROM, tanpa Floppy, namun bukan menginstall di VM-Ware atapun memakai Wubi. Berbagai dokumen saya buka dan beberapa forum saya kunjungi. Namun hasilnya nihil. Maklum, sudah lama saya tidak mengoprek.

Kemudian, saya menjumpai solusi lain yang ternyata mudah, berbeda dari yang saya kira sebelumnya. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Persiapkan ISO Ubuntu yang diinginkan
2. Jadikan USB Anda bootable dari petunjuk artikel berikut.
3. Unduh file initrd.gz dan vmlinuz serta letakkan di USB tersebut. Untuk x86, Anda bisa mendapatkannya di sini. Sedangkan untuk amd64, Anda bisa mendapatkan di sini.
4. Unduh Grub4DOS dari situs berikut ini. Dengan software ini, kita bisa membuat bootloader untuk nantinya dapat booting dari USB tanpa harus mengubah BIOS (karena dalam kasus ini, BIOS kakak saya tidak bisa diubah)
5. Dari Grub4DOS tersebut, copy-kan file grldr ke drive C: (dengan asumsi, Windows Anda di C)
6. Pada file boot.ini, tambahkan baris C:\GRLDR=”Mulai GRUB bla bla bla” (bisa berimprovisasi sendiri)
7. Reboot
8. Setelah mendapatkan prompt Grub ( grub> ) ketikkan perintah berikut ini (asumsi flashdisk Anda ada di hd1,0):
9. root (hd1,0)
kernel (hd1,0)/vmlinuz
initrd (hd1,0)/initrd.gz
boot
10. Kini Anda bisa menginstall Ubuntu dari Flashdisk dengan lancar lebih cepat dari CD-ROM dan selamat menikmati Intrepid Ibex Anda.

Taken from: http://ngeteh.wordpress.com

1 komentar:

Free Backlink Directory mengatakan...

Nice inpo, sangat bermanfaat..
mungkin kita bisa bertuker informasi atau backlink.. :D